Macam- Macam Penyakit Kulit Herpes

Jenis-jenis Virus Herpes

Selain virus pada manusia, spesies hewan yang telah diteliti juga memiliki virus herpes seperti kucing, ikan mas, gajah, dan kuda. Apa semua virus ini memiliki kesamaan? Ya kesamaan yang dimiliki dari 8 jenis virus herpes adalah adalah kemampuan untuk menyembunyikan diri dalam tubuh tanpa menimbulkan gejala , dan kemudian muncul kembali di kemudian hari.

Ada delapan virus herpes manusia. Delapan jenis virus herpes adalah virus herpes simpleks tipe 1 menyebabkan  luka dingin di jari dan tangan, dan juga bisa menyebabkan herpes genital medium, virus herpes simpleks tipe 2 (luka kelamin, luka dingin), virus varicella-zoster yang juga disebut herpes varicella / cacar air dan herpes zoster / shingles), virus epstein barr (sering disingkat EBV ), cytomegalovirus ( yan gsering disingkat dengan CMV), virus herpes manusia 6 ( HHV6 ), virus herpes manusia 7 ( HHV7 ), dan virus herpes manusia 8 atau dapat disebut dengan KSHV).

caramengobatiherpes

  1. Herpes simplex virus tipe 1. Pada usia 15 tahun herpes jenis ini menular pada penderita sekitar 25% dari keseluruhan populasi masyarakat, pada usia 30 tahun infeksi terjadi pada penderiat sekitar 50 % . Bagaimana herpes tipe 1 menular ? Herpes tipe ini menular melalui kontak kulit langsung dengan bagian yang sakit ketika virus aktif. Lama masa inkubasi virus herpes tipe 1 sekitar 4 atau 5 hari, tapi bisa lebih cepat hingga 2 hari atau lebih lama selama dua mingg atau bahkan lebih lama lagi. Gejala yang biasa muncul seperti flu yang diikuti oleh lecet atau borok pada kulit yang terkena infeksi .
  2. Herpes simplex virus tipe 2. Seberapa umum herpes tipe dua terjadi pada penderita? Sekitar 25 % dari populasi masyarakat saat ini aktif secara seksual . Herpes virus menyerang antara 3 % dan 10 % dari 25 % masyarakat. Virus ini menular melalui kontak kulit langsung dengan bagian yang sakit , ketika virus aktif . Lama masa inkubasi 4 atau 5 hari adalah, tapi bisa secepat 2 hari atau selama dua minggu.
  3. Virus Varicella –zoster. Gejala yang timbul adalah cacar air flu yang disebabkan oleh infeksi udara atau napas penderita herpes jenis iini. Herpes ini disebut herpes zoster . Tidak ada yang tahu persis emengenai penyebab utama herpes zooster. Masa inkubasi virus ini dua minggu tapi bisa 7 hari atau hingga 23 hari. Penyebab lain dari virus ini adalah penyakit seperti flu yang diikuti dengan lepuh.
  4. Epstein Barr . EBV, juga disebut demam kelenjar, mononukleosis, mono, atau penyakit yang disebabkan oleh kontak fisik melalui ciuman. Hampir semua orang di seluruh dunia mengalami penyakit ini. Penyebab utamanya adalah air liur. Masa inkubasi diperkirakan  hingga 33-49 hari setelah infeksi. Pada bayi dan anak-anak, gejala begitu ringan sehingga tidak diperhatikan . Pada remaja dan orang dewasa penyakit ini menyebabkan demam , pembengkakan kelenjar, sakit sendi dan dapat menyebabkan kelelahan. Jika berulang , akan menyebabkan gejala yang sama , tetapi tidak akan bertahan lama.
  5. Cytomegalovirus (CMV). CMV biasa terjadi pada usia mudadengan tingkat infeksi cukup tinggi. Virus ini hadir dalam air liur, ASI dan sekresi lainnya. Masa inkubasi tidak bisa dipastikan. Pada orang dewasa, biasanya tidak ada gejala sama sekali. Kadang-kadang menyebabkan gejala yang sama sebagai demam kelenjar ringan.
  6. Human herpesvirus 6 . Virus ini pertama kali diidentifikasi pada tahun 1986. Pada usia 2 tahun, hampir semua bayi mengalami virus tipe 6B ini . Virus ini biasanya ditularkan melalui air liur, camposemen dan sekresi lainnya. Masa inkubasinya 5 sampai 15 hari. Ada dua jenis virus ini yaitu 6A dan 6B . Jenis 6A belum terbukti menyebabkan penyakit. Jenis 6B menyebabkan roseola pada bayi antara 6 bulan dan 1 tahun . Ini biasanya merupakan infeksi ringan. Gejala yan gmuncul termasuk demam yang berlangsung selama beberapa hari , pembengkakan kelenjar dan biasanya ruam ringan yang muncul setelah demam berlangsung . Kadang-kadang anak-anak akan mengalami pembengkakan hati . Karena biasanya terjadi di masa kecil, maka sangat jarang bagi orang dewasa untuk mendapatkan virus ini.
  7. Virus herpes manusia 7. Pada usia 3 tahun, hampir semua anak memiliki HHV-7. Penularan terjadi melalui air liur. Kadang-kadang virus ini dapat menyebabkan ruam kecil ringan yang disebut exanthem subitum.
  8. Virus herpes 8. Virus ini juga disebut virus herpes sarkoma Karposi atau KSHV yang pertama kali diidentifikasi pada tahun 1995. Virus ini sangat umum terjadi di beberapa bagian dunia. Virus ini dapat ditularkan selama hubungan seks, melalui air liur selama masa kanak-kanak .
POPULER  ciri-ciri atau gejala herpes yang akan sembuh

cara mengobati herpes

Sumber : Obat Herpes Kencing Nanah